Kaji Banding Puskesmas Secang I ke Puskesmas Mertoyudan I
Pemberian pelayanan publik yang berkualitas dan mampu memberikan
kepuasan bagi masyarakat merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh
pemerintah. Puskesmas sebagai ujung tombak dan sekaligus sebagai tolak
ukur pelayanan publik di bidang kesehatan merupakan salah satu pilar
dalam memenuhi tuntutan reformasi birokrasi Selama ini kualitas
pelayanan kesehatan di puskesmas menujukan hasil yang belum memenuhi
standart kualitas, hal tersebut dikarnakan proses tidak diukur,tidak dimonitor
tidak dikendalikan tidak dipelihara tidak disempunakan dengan baik
untuk itu bagi puskesmas diperlukan akreditasi yang berarti pengakuan
yang di berikan oleh lembaga internal terhadap hasil dari proses
penilaian eksternal oleh komisionae akreditasi terhadap puskesmas apakah
sesuai dengan standart akreditasi yang di tetapkan perubahan tersebut
menuntut pergeseran paradidigma dan peningkatan kapasitan SDM sehingga
pemeritah menetapkan.
Sehubungan dengan hal tersebut Puskesmas Secang I melakukan kaji
banding ke Puskesmas Mertoyudan I, dalam rangka memantapkan persiapan
penilaian akreditasi puskesmas Secang I di kabupaten Magelang ini."Saat
ini Puskesmas Secang I tengah melakukan penyusunan dokumen untung
penilaian Akreditasi," kata Kepala UPTD Puskesmas Secang I. (6/9/2017).
Kepala UPTD Puskesmas Mertoyudan I bapak dr.Oktora Kunto Edhy, MM mengakui pihaknya senang menerima kujungan para tamu. Lalu dijelaskan untuk dapat mencapai akreditasi dibutuhkan kekompakan kerja tim, keikhlasan bekerja, semangat dan loyalitas tinggi, serta komitmen bersama dalam mencapai tujuan.

Di antaranya bekerja merapihkan kegiatan administrasi, penataan ruang yang nyaman, dan pemberian layanan masyarakat yang terbaik.
“Kita pun dalam memberikan pelayanan masyarakat selalu bersikap ramah dan penuh perhatian kepada pasien,” ungkap dr Kunto. Dengan cara ini, pasien akan merasa diperhatikan dan mendapat gairah untuk sehat kembali.
" Sebelum melakukan kaji banding pihaknya harus mempersiapkan dokumen terlebih dahulu, agar saat kunjungan nantinya tim yang terlibat bisa menilai di mana kekurangan yang perlu dipersipkan oleh puskesmas di Secang I saat mengikuti penialain akreditasiungkap Kepala UPTD Puskesmas Secang I.

"Puskesmas Mertoyudan I sudah lulus akreditasi, dan seperti apa pelayanan Puskesmas Mertoyudan I akan dilihat sehingga Puskesmas Secang I bisa menilai mana saja yang perlu diperbaiki " .
Kepala UPTD Puskesmas Mertoyudan I bapak dr.Oktora Kunto Edhy, MM mengakui pihaknya senang menerima kujungan para tamu. Lalu dijelaskan untuk dapat mencapai akreditasi dibutuhkan kekompakan kerja tim, keikhlasan bekerja, semangat dan loyalitas tinggi, serta komitmen bersama dalam mencapai tujuan.
Di antaranya bekerja merapihkan kegiatan administrasi, penataan ruang yang nyaman, dan pemberian layanan masyarakat yang terbaik.
“Kita pun dalam memberikan pelayanan masyarakat selalu bersikap ramah dan penuh perhatian kepada pasien,” ungkap dr Kunto. Dengan cara ini, pasien akan merasa diperhatikan dan mendapat gairah untuk sehat kembali.
" Sebelum melakukan kaji banding pihaknya harus mempersiapkan dokumen terlebih dahulu, agar saat kunjungan nantinya tim yang terlibat bisa menilai di mana kekurangan yang perlu dipersipkan oleh puskesmas di Secang I saat mengikuti penialain akreditasiungkap Kepala UPTD Puskesmas Secang I.
"Puskesmas Mertoyudan I sudah lulus akreditasi, dan seperti apa pelayanan Puskesmas Mertoyudan I akan dilihat sehingga Puskesmas Secang I bisa menilai mana saja yang perlu diperbaiki " .
Komentar
Posting Komentar