Kaji Banding Puskesmas Mertoyudan II ke Puskesmas Mertoyudan I



            
Tuntutan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan yang aman dan bermutu menjadi salah satu daya pacu FKTP untuk berlomba dalam memperoleh pengakuan bagi kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan. Akreditasi FKTP merupakan pengakuan yang diberikan oleh lembaga independen penyelenggara akreditasi yang ditetapkan oleh Menteri setelah memenuhi standar akreditasi yang berlaku berdasarkan rekomendasi surveior pada survei akreditasi di lapangan.
Salah satu unsur penting dan sangat vital yang menentukan keberhasilan akreditasi FKTP adalah bagaimana mengatur sistem pedokumentasian dokumen. Pengaturan sistem dokumentasi dalam satu proses implementasi akreditasi FKTP dianggap penting karena dokumen merupakan acuan kerja, bukti pelaksanaan dan penerapan kebijakan, program dan kegiatan, serta bagian dari salah satu persyaratan Akreditasi FKTP. Dengan adanya sistem dokumentasi yang baik dalam suatu institusi/organisasi diharapkan fungsi-fungsi setiap personil maupun bagian-bagian dari organisasi dapat berjalan sesuai dengan perencanaan bersama dalam upaya mewujudkan kinerja yang optimal.
Dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan Puskesmas, sistem akreditasi Puskesmas yang mengacu pada pelayanan berfokus pada pasien serta kesinambungan pelayanan dan menjadikan keselamatan pasien sebagai standar utama.
Puskesmas mertoyudan I adalah salah satu puskesmas yang pernah dilakukan penilaian akreditasi dan telah mendapatkan akreditasi Madya. Oleh karena Puskesmas Mertoyudan II melakukan kaji banding ke Puskesmas Mertoyudan I sebagai bahan pembelajaran mengenai peningkatan Mutu dan Kinerja untuk diterapkan dalam proses peningkatan mutu dan kinerja di UPT Mertoyudan II dilaksanakan pada hari Sabtu ( 23/9/2017)
              
               


            

Kepala UPTD Puskesmas Mertoyudan I bapak dr.Oktora Kunto Edhy, MM mengakui pihaknya senang menerima kujungan para tamu. Lalu dijelaskan untuk dapat mencapai akreditasi dibutuhkan kekompakan kerja tim, keikhlasan bekerja, semangat dan loyalitas tinggi, serta komitmen bersama dalam mencapai tujuan.
Di antaranya bekerja merapihkan kegiatan administrasi, penataan ruang yang nyaman, dan pemberian layanan masyarakat yang terbaik.
“Kita pun dalam memberikan pelayanan masyarakat selalu bersikap ramah dan penuh perhatian kepada pasien,” ungkap dr Kunto. Dengan cara ini, pasien akan merasa diperhatikan dan mendapat gairah untuk sehat kembali.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tentang Pukesmas Mertoyudan 1

AYO KE POSYANDU ..!

Peresmian layanan klinik TB di Puskesmas Mertoyudan 1 Kecamatan Mertoyudan